Gembala Sidang

Dari Meja Gembala (Desember 2017)

Salam sejahtera dalam kasih Kristus….

Tidak terasa kita sudah berada di bulan Desember, bulan terakhir di tahun 2017. Berarti sebentar lagi kita akan merayakan hari Natal. Hari yang penuh dengan kedamaian. Tahun depan Tema “Impact Your World” telah selesai dan dilanjutkan dengan tema “Selamatkan Jiwa Berapa pun Harganya” (1 Korintus 9:19-22). Tema yang mengajak kita untuk lebih lagi hidup menyenangkan hatinya Tuhan dengan benar-benar serius dan berusaha sungguh-sungguh di dalam memenangkan jiwa bagi Kristus. Yang menjadi pertanyaan dan evaluasi buat kita selama sebelas bulan yang telah kita lewati ini, “Apakah kehidupan yang kita jalani selama ini telah menjadi berkat, baik di keluarga kita, di gereja, di tempat kita bekerja, di lingkungan kita, atau di mana pun kita berada?”

Saat Kristus lahir ke dunia, kehidupan-Nya telah memberikan dampak yang besar bagi dunia ini, di mana ada banyak orang yang sakit disembuhkan, yang susah dan berbeban berat ditolong dan diberikan pengharapan, yang kerasukan roh jahat dilepaskan, yang mati dibangkitkan, dan banyak sekali dari mereka yang hidupnya diubahkan dan meninggalkan dosa-dosa mereka, bahkan kemudian mereka menjadi dampak bagi banyak orang. Walaupun saat ini Kristus sudah tidak ada lagi di bumi, tetapi dampak kehidupan yang telah dilakukan-Nya masih dirasakan oleh kita semua. Kita, orang yang berdosa yang seharusnya mati binasa karena dosa-dosa kita, telah menerima pengampunan dosa dan diselamatkan, bahkan kita diberi kuasa untuk menjadi anak-anak-Nya yang berhak menjadi ahli waris kerajaan Surga serta menerima hidup yang kekal,.

Sebagaimana hukum “Tabur Tuai”, anak-anak Tuhan yang hidupnya berdampak maka akan diberkati oleh Tuhan. Ketika kita melakukan hal-hal yang baik kepada orang lain, mungkin orang tersebut tidak membalas perbuatan baik yang telah kita lakukan kepadanya, tetapi apa yang kita lakukan itu tidak akan pernah sia-sia dan Tuhan pasti akan membalaskannya kepada kita.

  • Galatia 6:7  “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.”
  • Galatia 6:9  “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.”
  • Markus 9:41 “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya.”

Oleh karena itu dalam bulan Desember ini saya mendorong biarlah kehidupan yang berdampak benar-benar menjadi kerinduan dalam hati kita dan bahkan menjadi gaya hidup kita semua. Walaupun tahun 2017 sebentar lagi akan berlalu, biarlah kehidupan kita tetap berdampak. Kehidupan yang menjadi berkat buat banyak orang, dan menyenangkan hatinya Tuhan serta diberkati oleh Tuhan.

Akhir kata dari saya, “Selamat Natal dan Tahun Baru”, dan selamat menjalani kehidupan yang berdampak dan menjadi berkat bagi banyak orang. Tuhan Yesus memberkati kita semua!

Pdt. Piter Buntoro

Leave a Reply