1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

RENUNGAN: Imlek, Sukacita Dalam Memberi

PDF Print E-mail

Sunday, 10 February 2013 19:59

RENUNGAN: Imlek, Sukacita Dalam Memberi. "Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima" Kisah Para Rasul 20:35 B.

Imlek adalah tradisi orang Tionghoa menyambut tahun baru. Pada mulanya, Imlek atau Sin Tjia adalah sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di Tiongkok yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru Lunar (Kalender China). Perayaan ini berkaitan dengan pesta para petani untuk menyambut musim semi, mereka beranggapan bahwa pergantian Tahun Baru Imlek berarti alam semesta hidup lagi sesudah berada dalam keadaan mati selama musim dingin. Tujuan utamanya ialah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, atas rezeki(berkat) yang telah diberikan tahun lalu, dan meminta rezeki (berkat)untuk tahun berikutnya. Ada sukacita dalam memberi ucapan syukur kepada Tuhan.

Imlek adalah suatu kesempatan untuk setiap anggota keluarga berkumpul (berfellowship) di malam tahun baru Imlek. Pada umumnya, anggota keluarga akan bersilaturahmi, saling berbagi dan memberikan pengalaman selama setahun, disertai pesta makan bersama keluarga sebagai pengikat tali persaudaraan. Imlek juga merupakan kesempatan untuk memberi angpao, suatu pemberian yang biasanya dikemas dengan amplop berwarna merah yang berisi uang, untuk diberikan oleh orang-orang yang sudah menikah (dewasa) kepada anak-anak dan kepada orang yang membutuhkannya. Ada sukacita dalam memberi makanan dan uang kepada sesama sebagai perwujudan, kasihilan sesamamu manusia.

Imlek adalah saat yang tepat untuk saling menyapa, memberi maaf dan menyampaikan ucapan selamat kepada setiap orang yang berelasi dengan kita. Efesus 4:29 b berkata: "...pakailah perkataan yang baik untuk membangun,... supaya mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia". Ada sukacita dalam memberi semangat dan pengharapan kepada orang yang kita jumpai. Hari Minggu ini, GSJA Batu Tulis telah membuka kesempatan untuk seluruh jemaat terlibat, berpartisipasi menikmati Sukacita Dalam Memberi. Gong Xi Fa Cai: "Selamat dan Semoga Banyak Rejeki". Xin Nian Kuai Le: "Happy Chinese New Year". Selamat memberi. (NL)

 

GSJA Contact

Jl. Batu Tulis No. 43 - Jakarta Pusat 10120. Telp : 021 - 3844228 - 3864301 - 3802291 - 3802295. Fax. 021 - 3851524 www.gsjabatutulis.com | email : info@gsjabatutulis.com

Jadwal Kebaktian

Jadwal Ibadah GSJA BATU TULIS Jakarta

Recommended Browser

This Site best viewed by using Firefox, Chrome & IE9. Klik to download